Memulai Usaha Bisnis Online di Internet

Sejak diluncurkannya usaha online saya amati geliat bisnis internet kian ramai. Penerapan isi dari usaha online sudah mulai terasa di internet. Saya ikut bersyukur dengan perkembangan ini.

Meningkatnya jumlah para wirausaha online yang mengambil sikap untuk start action memulai bisnis internet merupakan kondisi bagus yang bermanfaat besar untuk bangsa ini.

Seperti posting dua tahun lalu tentang petani Indonesia berbisnis internet yang mengajak petani Indonesia untuk mengembangkan usahanya lewat internet, lewat posting ini juga dan lewat posting-posting lainnya di blog ini, tanpa henti-henti saya mengajak agar anda semua untuk mulai membangun usaha di internet. Permulaan tak akan pernah terjadi tanpa ada kesediaan diri untuk berkata “Ya Saya Mulai Bisnis Internet dan langsung ACTION tanpa banyak pikir dan menunda lagi.

Internet adalah lahan subur yang bisa diolah siapa saja. Internet menyediakan beragam jenis peluang usaha dengan keuntungan yang memikat. Internet adalah ladang paling subur yang tak membutuhkan banyak modal untuk memulainya.

Sudah banyak cerita bagaimana usaha-usaha kecil maju dan berkembang berkat internet. Tak terhitung sudah berapa banyak orang yang menjalankan bisnisnya di internet dan menjadikan internet sebagai mata pencaharian utama. Apakah ini artinya peluang di internet sudah tertutup?

Sama sekali tidak. Indonesia butuh lebih banyak wirausaha online. Indonesia butuh lebih banyak wirausahawan internet yang mampu menggerakkan ekonomi internet lebih dahsyat lagi. Penggerak utama ekonomi masa mendatang ada di internet. Dan mereka yang mengambil start lebih awal akan menikmati hasilnya.

Pernah ada yang bertanya, “Pak Andi bukankah kalau semua orang masuk ke internet, persaingan akan sangat ketat? Belum lagi modal yang dikeluarkan di internet sangat sedikit, sementara potensi hasilnya berlipat-lipat, itu membuat semua orang terdorong masuk ke internet.”

Saya jawab, “Tiap tahun selalu ada usaha kecil menengah di Amerika Serikat yang mampu naik kelas berkat internet. Padahal, di sana mbah-nya internet berasal. Semua usaha kecil menengah sudah memanfaatkan internet sebagai alat pemasarannya. Tapi nyatanya selalu ada yang berhasil naik kelas dan usaha mereka jauh lebih berkembang berkat internet. Di Indonesia? Dibanding Amerika Serikat, persaingan yang ada di sini belum ada apa-apanya.”

Persaingan adalah hukum alam dalam bisnis. Tak ada yang perlu ditakutkan dengan persaingan. Selama anda mengerti soal marketing, mau terus berinovasi dan ACTION, mau merawat bisnis anda seperti anda membesarkan anak anda dengan sepenuh hati, yakinlah usaha anda akan berkembang.

Konsumen selalu mencari yang terbaik bagi dirinya. Mereka selalu menginginkan yang terbaik.

Saya juga lihat dan amati bagaimana para wirausaha online kemudian menjadi lebih tangguh saat mereka mulai melebarkan sayap bisnisnya ke offline. Mereka terapkan konsep-konsep internet untuk memajukan usahanya di offline.

Sekali lagi…

Bisnis internet bukan hanya milik mereka yang bisa komputer dan pintar internet, ini peluang terbuka yang bisa dimasuki siapa saja tanpa peduli dari latar belakang apapun anda datang, dengan kemauan kuat untuk belajar dan action, Anda pasti BISA.

Anda yang tak segera mengambil sikap untuk memulai bisnis internet, menentukan masa depan anda sendiri, akan menyesal di kemudian hari.

Bagaimana nasib anda setahun, lima tahun atau sepuluh tahun mendatang, adalah hasil dari ACTION anda hari ini.